Cara cek bantuan BPJS ketenagakerjaan lengkap dengan cara cek nama penerima blt bpjs ketenagakerjaan di 2021

Begini Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah

Bantuan BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan pemerintah kepada rakyat yang berhak. Siapa yang berhak menerima bantuan BPJS Ketenagakerjaan ini? Semua pekerja formal yang memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta berhak mendapatkan BLT ini. Tujuan pemerintah menyalurkan BLT BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk membantu para pekerja di tengah masa pandemi yang sangat berpengaruh pada kondisi ekonomi rakyat Indonesia. 

Program ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dan telah berhasil memberi bantuan kepada 12.293.134 pekerja di Indonesia melalui penyaluran tahap pertama. Sementara untuk penyaluran tahap kedua, ada 12.244.169 pekerja yang menerima bantuan. Jika melihat dari data, masih ada sisa 48.965 pekerja yang masih belum menerima BLT. Karena itu, penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap ketiga rencananya akan dilakukan di bulan Juni 2021. Lalu apa syarat penerima bantuan ini dan bagaimana cara cek bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Cari Tahu Syarat Penerima dan Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Setiap pekerja yang telah memenuhi persyaratan sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan akan menerima dana tunai sebesar Rp 1.2 juta. Program BLT khusus untuk pekerja ini sebenarnya adalah lanjutan dari tahun lalu dari dana yang belum tersalurkan. Sementara untuk tahun ini, Kementerian Ketenagakerjaan tidak menganggarkan kembali. 

Meski begitu, jika bantuan ini dirasa dibutuhkan kembali, bukan tidak mungkin program akan dibuka kembali di tahun berikutnya. Lalu bagaimana cara cek bantuan BPJS dan cara cek nama penerima BLT BPJS? Untuk info mengenai BLT BPJS, cara cek BLT BPJS bisa dilakukan di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan ataupun situs Kementerian Ketenagakerjaan. Sebelum mengetahui cara mengecek BLT BPJS Ketenagakerjaan, cari tahu dulu syarat penerimanya. Yang pertama, penerima harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia yang bisa dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP. 

Penerima harus terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan, yang dapat dibuktikan dengan kartu peserta. Penerima harus membayar iuran dengan besaran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta yang telah dilaporkan pada BPJS Ketenagakerjaan. Penerima merupakan pekerja atau buruh yang memiliki rekening bank aktif atas nama sendiri. Penerima tidak termasuk yang mendapatkan manfaat program kartu Prakerja dan tidak terdaftar sebagai karyawan BUMN maupun PNS. Jika sudah memenuhi beberapa syarat di atas, sekarang saatnya mengetahui cara cek penerima BLT BPJS dengan mudah 

Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan di Situs Kemnaker

Cara cek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2021 ada beberapa opsi. Yang pertama adalah melalui situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan di kemnaker.go.id. Untuk bisa mendapatkan daftar nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus terdaftar terlebih dahulu di situs tersebut. Jika belum daftar, klik tombol Daftar di pojok kanan, kemudian klik Daftar Sekarang. Buat akun baru disertai dengan id dan password. 

Jika Anda sudah memiliki akun sebelumnya, tinggal login dengan cara memasukkan id dan password. Kemudian isi formulir yang tersedia dengan lengkap. Setelah itu, di layar akan muncul pemberitahuan mengenai status Anda, apakah Anda termasuk salah satu penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan atau tidak. 

Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan di Situs BPJS Ketenagakerjaan

Masih ada cara cek BLT BPJS lainnya, yaitu lewat situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setelah memuat halaman ini, masukkan alamat email dan masukkan kata sandi. Setelah masuk, pilih menu Layanan. Akan muncul formulir data diri, isi dengan akurat. Jika sudah selesai, akan muncul pemberitahuan apakah Anda termasuk dalam daftar penerima BLT atau tidak. 

Jika belum mendaftar di situs ini, lakukan registrasi terlebih dahulu, baru lakukan pengecekan. Cara lain untuk mengecek adalah melalui SMS. Caranya adalah ketik DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta. Kirimkan ke nomor 2757. Isian tanggal lahir formatnya adalah dd-mm-yy. Setelah itu akan ada SMS balasan yang menginformasikan status Anda. Cara cek bantuan BPJS Ketenagakerjaan sangat mudah dan tanpa ribet.