Cara daftar bantuan UMKM secara online dan BPUM di 2021

Mau Dapat BPUM Lagi, Ini Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Tiga bulan terakhir para pengusaha kecil UMKM dihebohkan dengan pencairan bantuan dari pemerintah untuk menambah modal usaha. Program tersebut bernama Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM yang pencairannya melalui Bank BRI. Di tahun 2020 sendiri sebenarnya BPUM sudah pernah diberikan ke ribuan usaha mikro sehingga orang berbondong-bondong mencari tahu cara daftar bantuan UMKM secara online. Nah, tahun ini pemerintah kembali mencairkan BPUM yang diberikan kepada para penerima bantuan sebelumnya, dimana daftar nama penerima bisa dicek di laman e-form BRI. 

Cara mendaftar bantuan UMKM secara online sebenarnya tidak bisa diakses oleh semua pendaftar karena hal ini sangat tergantung pada wilayah pendaftaran. Beberapa kota besar sudah memberikan layanan pendaftaran online, sedangkan lainnya masih menggunakan sistem manual. Kendati demikian, cara daftar BLT UMKM secara online tetap harus diketahui sebagai langkah antisipasi siapa tahu di kota Anda sudah mendukung sistem ini. Berikut ini adalah cara mendaftar BLT UMKM secara online beserta berbagai info menarik yang terkait. 

Syarat dan Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Bantuan UMKM diberikan kepada usaha menengah, kecil dan mikro yang berjalan aktif. Bagi yang berminat mendapatkan suntikan dana ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti memberikan data diri dan usaha yang dijalankan, belum pernah mendapatkan BPUM sebelumnya, bukan merupakan ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN atau BUMD, serta tidak sedang mengambil KUR atau kredit usaha rakyat. 

Setelah memenuhi semua persyaratan ini Anda bisa datang ke pengusul yang ditunjuk untuk menyerahkan berkas. Di beberapa daerah, cara mendaftar BPUM secara online bahkan sudah dilakukan secara daring sehingga Anda tidak perlu repot keluar rumah lagi. Pendaftaran dengan metode ini tidak akan makan waktu lama selama semua berkas yang dibutuhkan sudah tersedia, jadi pastikan Anda sudah memersiapkan semuanya dengan baik.

Siapa Saja yang Boleh Lakukan Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Bantuan sosial UMKM diberikan kepada seluruh usaha kecil yang diusulkan oleh pengusul tertunjuk. Artinya, kalau ingin mendapatkan bantuan tunai ini Anda harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Dan bukan kapasitas pengusul untuk menentukan siapa yang akan benar-benar mendapatkan bantuan sebab keputusan ada di tangan badan atau dinas terkait.

Satu hal yang pasti, dalam proses pengajuannya siapa saja boleh ikut serta mengusulkan profil usahanya. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan dana tunai dengan nominal tertentu yang bisa berubah-ubah di setiap tahunnya, yang bisa diambil di Bank BRI terdekat. Tapi sebelumnya, pastikan Anda mengetahui cara mengecek bantuan UMKM untuk memastikan nama Anda masuk dalam daftar penerima BPUM.

Memantau Perkembangan Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Setelah melakukan pengajuan bantuan, yang bisa dilakukan setelahnya adalah menunggu kabar terbaru dari pengusul yang ditunjuk mengenai daftar nama penerima dan kapan bantuan akan dicairkan. Atau jika tidak sabar, Anda bisa juga memeriksa progres dan perkembangan BPUM dengan cara mengecek UMKM di laman Bank BRI. 

Untuk bisa melihat apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak di periode tersebut, masukkan nomor E-KTP dan juga kode verifikasi yang ada di laman, lalu klik inquiry process. Setelah itu akan muncul notifikasi yang bertuliskan nama, NIK dan juga nomor rekening BRI jika Anda termasuk dalam list penerima. Untuk bisa mengambil dana tersebut, pastikan membawa E-KTP ke kantor cabang BRI terdekat.

Daftar UMKM bisa dilakukan secara online maupun offline. Terlepas dari metode manapun yang tersedia di daerah Anda, pastikan bahwa semua persyaratannya sudah terpenuhi dan semua berkas sudah siap unggah atau diserahkan. Tahun ini batasan waktu pendaftaran UMKM untuk menerima BLT adalah 31 Agustus 2021

Waktu yang panjang ini sebaiknya dimanfaatkan baik untuk memulai usaha yang layak didanai atau juga memersiapkan segala persyaratannya agar lebih mudah dalam membuat pengajuan bantuan. Jangan lupa juga untuk selalu memantau perkembangan informasi seputar UMKM dan juga BPUM sebab siapa tahu ada update info lainnya terkait pendaftaran penerima bantuan.