LEMBAGA KEBUDAYAAN BETAWI– Tidak seperti biasanya warga Pondok Labu, Jakarta Selatan, tumplek memadati Jalan Haji Ipin. Sejak sore hari, Sabtu (24/8), mereka menantikan kehadiran artis penyanyi Cici Paramida yang tampil dalam acara Pergelaran Kesenian Pada Event-Event Tertentu dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74.

Harapan mereka terpenuhi karena Cici datang memenuhi rasa rindu mereka dengan lagu Laksmana Raja di Laut dan beberapa lagu Melayu. Warga Pondok Labu yang masih didominasi orang Betawi merasa terhibur dan sebagian turun ke depan panggung untuk ikut berjoget di bawah udara sejuk wilayah kota Jakarta Selatan.

Sebelumnya Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali dalam acara talkshow Jamlurah (Jangan Ampe Lupain Sejarah) bersama beberapa tokoh masyarakat di tempat yang sama mengungkapkan bahwa Pondok Labu merupakan benteng ujung selatan Jakarta yang masih didominasi orang Betawi. Karena itu Ia berharap masyarakat Betawi di daerah ini bisa maju terus tanpa harus menjual tanah mereka. “Kalau kita jual tanah kita, maka kita tidak bisa merasakan jargon Jakarta Maju Kotanya Bahagia Warganya, sebab kita tidak tinggal di Jakarta lagi. Mudah-mudahan warga yang ada disini tidak pindah lagi ke daerah lain,” katanya.

Walikota Jaksel, Marullah Matali (kedua dari kiri) memberi penjelasan kepada warganya

 

Marullah menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai kegiatan yang positif. “Yang paling penting bentuk kegiatannya dicari  yang paling cocok,”tambahnya. Ia kemudian mengenang masa lalu sebagai orang Pondok Labu, dimana sampai tahun 1980-an masih banyak orang Pondok Labu yang menjadi pengrajin batik yang bahan batiknya diambil di Setiabudi dan Karet yang ketika itu menjadi sentra batik Jakarta. “Jika memungkinkan tradisi membatik bisa dihidupkan kembali di Pondok Labu,” katanya lagi.

Pada kesempatan ini Marullah juga mengingatkan agar warga Jakarta Selatan hati-hati dalam menghadapi musim kemarau, karena pemerintah sudah memberi peringatan adanya ancaman kekeringan di beberapa wilayah di Jakarta. Acara festival seni yang dihadiri oleh Kapolres dan Dandim Jakarta Selatan serta Ketua LKB (Lembaga Kebudayaan Betawi) H. Beki Mardani ini juga dimeriahkan artis-artis, seperti Erni Ardhita, Udin Nganga, Burhan, Rita Hamza. Ada juga musik gambang kromong, band Goes Plus dan tarian Betawi, serta penampilan Abang None Jakarta Selatan tahun 2019. Acara berlangsung hingga lewat tengah malam dan berjalan lancar. (syd)

 

Tentang Penulis

Lembaga Kebudayaan Betawi

Tinggalkan Komentar