Kirab pemuda 2018 Adalah pawai (perjalanan napak tilas) kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun NKRI, yang dilaksanakan oleh WNI berusia 16-30 tahun (Undang-undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan), dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terlupakan (unforgettable/memorable). Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotisme, sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI.

Tujuan kegiatan ini dimaksudkan :

  1. Meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda selaras dengan makna Bhinneka Tunggal Ika;
  2. Mempromosikan kreativitas pemuda sebagai bagian dari upaya untuk memberdayakan potensi pemuda;
  3. Mendorong optimalisasi potensi daerah melalui peran pemuda, bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait;
  4. Mengkondisikan langkah-langkah inovatif dalam rangka meningkatkan perlindungan terhadap pemuda dari faktor-faktor destruktif.
  5. Menginspirasi terlaksananya rangkaian program/ kegiatan kepemudaan di seluruh daerah untuk melakukan pelayanan kepemudaan, memenuhi hak pemuda, dan membuka seluas-luasnya partisipasi pemuda dalam pembangunan

DKI Jakarta merupakan Titik singgah terakhir dan siap menyambut Kirab pemuda 2018.

 

Tentang Penulis

Lembaga Kebudayaan Betawi

Tinggalkan Komentar