Kredit motor tanpa DP

Kredit motor tanpa DP

  • Min gaji RP 4 juta
  • 2% per bulan
  • Min pengajuan berusia 20 tahun
  • Promo kredit motor tanpa DP 2021

Kredit Motor Tanpa DP, Bisakah? 

Kabar baik yang ingin membeli kendaraan bermotor di tahun 2021 karena Bank Indonesia telah memberlakukan kebijakan bebas uang muka atau kredit motor down payment (DP) 0% yang mulai berlaku sejak tanggal 1 Maret sampai 31 Desember 2021. Melalui kebijakan ini, masyarakat Indonesia bisa mengajukan kredit mobil dan kredit motor tanpa DP. Untuk tujuan apa BI memberlakukan kebijakan kredit motor tanpa DP 2021? Menurut Gubernur BI, Perry Warjiyo, kebijakan ini dibuat untuk membantu mendorong daya konsumsi masyarakat untuk kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. 

Sebelumnya, Kementerian Keuangan sudah lebih dulu memberlakukan diskon pajak mobil baru. BI ingin mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif melalui program kredit mobil dan motor tanpa DP dengan tetap memperhatikan manajemen risiko dan prinsip kehati-hatian. Lalu jenis kendaraan apa saja yang bisa dibeli melalui kebijakan ini? Semua merek sepeda motor dan mobil baru termasuk di dalamnya. Tapi pemberlakuan program DP 0% tentu kembali lagi pada masing-masing dealer. 

Kredit Motor Tanpa DP Kondisi Baru dan Second

Program kredit motor murah tanpa DP tidak hanya berlaku untuk sepeda motor baru saja, tapi juga sepeda motor bekas atau second. Ada beberapa dealer sepeda motor yang sudah ikut memberlakukan program ini. Kredit motor bekas murah tanpa DP yang ditawarkan berbagai dealer ini pun langsung diserbu oleh banyak pengendara sepeda motor. Pada umumnya, dealer tidak menerapkan syarat yang rumit. Yang penting calon pembeli telah bekerja sebagai PNS maupun pegawai perusahaan swasta yang statusnya sudah sebagai pegawai tetap. 

Tapi bukan berarti pegawai kontrak tidak bisa memanfaatkan layanan ini. Beberapa dealer sepeda motor memberi toleransi kepada pegawai kontrak yang sudah bekerja di perusahaan yang sama dalam kurun waktu tertentu. Asalkan pegawai kontrak sudah memiliki slip gaji, maka sudah bisa diterima sebagai pelengkap dokumen di beberapa dealer. 

Karena itu untuk tahu persyaratan lengkapnya, calon pembeli harus mencari tahu langsung di dealer sepeda motor pilihan. Sepeda motor bekas yang dijual tergantung dari persediaan tiap dealer. Ada yang menyediakan motor keluaran tahun 2013 hingga 2014 seperti Mega Pro. Atau keluaran 2016 hingga 2017 seperti Mio M3, Mio Z, All New Soul GT, dan masih banyak lagi jenis lainnya. 

Kredit Motor Tanpa DP di Adira Finance

Salah satu pilihan platform beli motor tanpa DP di tahun 2021 adalah Adira Finance. Adira Finance menyadari bahwa kebijakan kredit sepeda motor tanpa DP memiliki risiko tertentu, karena itu OJK oun tidak mengharuskan semua layanan pembiayaan mengikuti program ini. Adira Finance sendiri menyerahkan keputusan kepada masing-masing dealer mitranya. Jika dealer mengikuti program kredit motor tanpa DP, maka Adira Finance bersedia membantu. 

Namun memang tidak semua pengajuan akan diloloskan begitu saja. Tim Adira Finance akan melakukan pengecekan terhadap riwayat kredit pemohon. Jika terbukti baik dalam pembiayaan dan tidak pernah terlibat masalah pembiayaan, maka tim Adira Finance bisa meloloskan pengajuannya. Menurut pihak Adira Finance, konsumen yang berasal dari perusahaan dengan reputasi baik akan mendapat kesempatan yang lebih baik dibandingkan pemohon kredit perorangan. Konsumen bisa memilih berbagai tipe sepeda motor, misalnya kredit motor Honda Beat tanpa DP Adira maupun kredit motor Kawasaki KLX tanpa DP.

Kredit Motor Tanpa DP di Dealer Kawasaki

Berniat kredit sepeda motor Kawasaki tanpa DP? Menanggapi kebijakan BI ini, pihak Kawasaki sebenarnya mendukung karena dapat meningkatkan kredit dari sektor ekonomi. Meski begitu, pihak Kawasaki tidak bisa memutuskan pemberlakuan program ini secara sepihak, karena penyelenggaraannya tergantung dari lembaga pembiayaan dan masing-masing dealer. 

Ini karena Kawasaki belum mempunyai leasing independen untuk melayani pembelian motor Kawasaki di Indonesia. Karena itu, mengenai kebijakan DP 0% sangat bergantung pada keputusan lembaga pembiayaan atau multifinance. OJK pun memberi persyaratan pada lembaga pembiayaan yang bisa memberikan kredit motor tanpa DP yaitu lembaga tersebut harus sehat, ditandai dengan nilai Non Performing Financing (NFP) lebih rendah atau sama dengan 1%.

Cek bank ini

Dana Cepat

  • Minimal pendapatan 2 jt/ bulan
  • Bunga 2.5%
  • Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun
  • Pengajuan dana tunai tercepat terdaftar ojk 2021

Black Card Mandiri

  • Min gaji Rp 3 Juta
  • Bunga rendah 3.3%
  • Umur 21 tahun
  • Keuntungan black card mandiri 2021