Setelah sebelumnya digelar lomba puisi tingkat SD di Jakarta, Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) kembali menggelar lomba baca puisi virtual. Kali ini lomba baca puisinya ditujukan untuk tingkat SMP sampai SMU/Mahasiswa.  Seperti acara sebelumnya, dalam acara ini, LKB tetap menggandeng Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Sedangkan untuk sponsor LKB mendapat dukungan penuh dari Bank DKI dan PD Pasar Jaya. Dalam kegiatan ini  LKB mendapat dukungan dari Forum Jurnalis Betawi, Perkumpulan Betawi Kita, Yayasan Baca Betawi, Hari Puisi Nasional, dan Majalah Betawi.

Ketua LKB, H Beky Mardani, mengungkapkan kegiatan yang digelar dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 75 ini dimaksudkan untuk memberi ruang berkreativitas bagi pelajar dan mahasiswa. “Itu sebabnya puisi yang dilombakan semuanya mengambil tema tentang nilai-nilai perjuangan, ” ungkap Beky.  Ia berharap dengan format lomba virtual ini, siswa dan mahasiswa yang ikut ajang ini dapat lebih rileks dan memgapresiasi karya puisi di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Beky, puisi alat pengungkapan rasa dan gagasan yang harus kita jaga dan wariskan ke generasi berikutnya. “Sekarang ini anak-anak kita menghadapi tantangan situasi dan kondisi yang berbeda. Karena itu olah rasa dan jiwa harus tetap hidup, di manapun dan kapan pun,” kata Beky.  Dalam acara ini setiap peserta mengirimkan video pembacaan puisinya ke panitia melalui sistem online. Khusus tingkat SMP dan SMU/Perguruan Tinggi pengiriman puisi sampai 18 September 2020. Saat ini masih berlangsung penjurian. Rencananya pembagian hadiah untuk lomba baca puisi ini akan dilakukan pada 9 Oktober 2020.

Ketua Panitia Lomba Baca Puisi Virtual, Fadjriah Nurdiarsih, mengatakan dalam lomba baca puisi tingkat SMP sampai SMA/Perguruan Tinggi panitia mewajibkan peserta membaca puisi wajib dan pilihan. “Puisi wajib, Gerilya WS Rendra untuk SMP dan Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini karya Taufik Ismail untuk SMA,” kata Fadjriah.  Sedangkan puisi bebasnya merupakan karya Zeffry J Alkatiri, JJ Rizal, Sapardi Djoko Damono, Fadjriah Nurdiarsih, Yahya Andi Saputra, Tuti Alawiyah, Susi Aminah Aziz, dan Abdul Hadi WM. “Peserta SMP 217 orang dan SMA 122 orang, ” tambah Fadjriah.

Berikut ini adalah pemenang lomba puisi virtual LKB untuk tingkat SD:
Juara 1, Kayla Nayyara Larasati
Juara 2, Monica Verlyn Christyarini
Juara 3, Ailsa Arifah

Juara Harapan 1, Evira Rizki Murmaulidina
Juara Harapan 2, Sherly Awaliyah
Juara Harapan 3, Shalom Given Erlius

5 Juara Terpuji
Raja Pratama, Anindya Mutiara Cinta, Azka Aulia Ahza, Khanza Afifah, Tristan Devano

Juara Favorit
Tristan Devano (Mendapatkan 802 like dan 336 komen di YouTube)

Untuk keterangan lengkap silakan simak YouTube, Instagram, dan Facebook Lembaga Kebudayaan Betawi.

Tentang Penulis

Lembaga Kebudayaan Betawi

Tinggalkan Komentar