Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

  • Gaji minimal 3 juta/ bulan
  • Bunga 2% per bulan
  • Berusia 18 tahun
  • Pinjaman koperasi tanpa jaminan dan tanpa syarat 2021

Cara Pilih Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan yang Legal

Pinjaman tanpa jaminan merupakan jenis kredit yang paling banyak disukai masyarakat karena syaratnya paling mudah. Jenis pinjaman ini sekarang banyak ditawarkan oleh perusahaan teknologi finansial (fintech) dan juga bank dengan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA). Tapi sebenarnya pinjaman tanpa agunan sudah ada sejak dulu di Indonesia. Pinjaman koperasi tanpa jaminan sering diandalkan masyarakat di saat mendesak. 

Koperasi adalah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dikelola secara bersama-sama oleh sekelompok anggota. Tujuan koperasi adalah untuk meningkatkan kondisi ekonomi anggotanya agar lebih sejahtera. Semangat saling tolong menolong menjadi dasar koperasi. Khusus di Indonesia, keberadaan koperasi diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 1967 tentang pokok-pokok perkoperasian dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. 

Perkembangan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan di Indonesia

Koperasi simpan pinjam tanpa jaminan sempat menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. Namun dalam perkembangannya, banyak pihak yang tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan platform yang satu ini. Para rentenir kerap mengatasnamakan diri mereka sebagai koperasi tanpa jaminan dan menjajakan pinjaman dengan suku bunga yang sangat tinggi. Akibatnya, banyak orang yang jadi terjerat hutang besar karena bunga tinggi. Setelahnya, orang menjadi kapok meminjam di koperasi dan mencari platform pinjaman dana lainnya. 

Posisi koperasi simpan pinjam pun tergeser dengan hadirnya perusahaan fintech pada tahun 2016 dan juga KTA yang ditawarkan bank. Meski begitu, sebenarnya hingga tahun 2021 masih banyak koperasi legal yang terpercaya dan menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan bunga yang masuk akal dan sesuai dengan peraturan. Pada dasarnya, koperasi masih bisa jadi tujuan saat Anda butuh dana darurat. Tapi jangan lupa memastikan bahwa koperasi simpan pinjam terdekat tanpa jaminan yang dipilih statusnya legal dan menawarkan bunga sesuai dengan aturan. 

Cara Memilih Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan yang Aman

Agar tidak salah pilih koperasi simpan pinjam, lakukan beberapa hal ini sebelum mengajukan pinjaman. Di setiap tingkat pemerintahan seharusnya ada dinas yang menaungi koperasi. Tetapi ada cara mudah untuk mengecek status koperasi, yaitu menuju laman nik.depkop.go.id yang dioperasikan oleh kementerian Koperasi dan UKM. Di dalamnya termuat data koperasi yang sudah berstatus sebagai badan hukum di seluruh Indonesia. Datanya mencakup nomor badan hukum, tanggal peresmian, sertifikat, hingga alamat koperasi. 

Setelah itu, pastikan juga koperasi yang dipilih masih mengadakan rapat tahunan. Setelah itu, cek juga apalah koperasi tersebut masih memiliki aktivitas dalam beberapa tahun terakhir. Setidaknya koperasi yang terpercaya harus menyampaikan Sisa Hasil Usaha setiap tahunnya. Koperasi yang baik juga seharusnya merekrut anggota secara terbuka dengan jumlah minimal 20 orang. Saat ini, tetap banyak koperasi konvensional dan online yang menawarkan pinjaman uang tunai tanpa jaminan di koperasi. Tapi sebagai calon peminjam, sangat penting untuk selalu waspada dan cermat agar tidak terjebak dalam investasi bodong yang merugikan. 

Syarat Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Ada beberapa syarat pinjam uang di koperasi tanpa jaminan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Beberapa syaratnya adalah pemohon diwajibkan menjadi anggota koperasi, merupakan Warga Negara Indonesia, bersedia membayar simpanan wajib dan simpanan pokok sesuai ketentuan koperasi yang berlaku, dan patuh terhadap Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan peraturan yang berlaku dalam koperasi. Jika telah memenuhi semua persyaratan, maka anggota bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan di koperasi dengan mudah. 

Cara pinjam uang di koperasi tanpa jaminan sangat mudah. Saat ini ada 2 cara yang bisa dilakukan. Jika koperasi yang dipilih merupakan koperasi konvensional, maka anggota bisa mengajukan pinjaman secara langsung. Caranya adalah mengisi formulir yang telah disediakan secara langsung dan menyertakan fotokopi identitas diri. Selain itu, kini sudah ada koperasi yang dioperasikan dengan metode online. Jika memilih koperasi simpan pinjam online, maka seluruh proses pengajuan pinjaman akan dilakukan 100% via online. Caranya pun sama, yaitu mengisi formulir dan mengunggah KTP elektronik. Pinjaman koperasi tanpa jaminan yang resmi tetap bisa diandalkan masyarakat di saat membutuhkan dana cepat cair.

Cek bank ini

Pinjaman Online Resmi

  • Mulai dari 2 juta/ bulan
  • Mulai dari 2%
  • Berusia minimal 21 tahun - 55 tahun
  • Daftar pinjaman online resmi yang terdaftar ojk 2021

Kredit motor tanpa DP

  • Min gaji RP 4 juta
  • 2% per bulan
  • Min pengajuan berusia 20 tahun
  • Promo kredit motor tanpa DP 2021